Student Center Learning (SCL) dengan menggunakan media pembelajaran interaktif (MPI)

Situasi dan Tantangan

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Mimika merupakan salah satu SMK di kabupaten mimika provinsi papua tengah. Dalam pembelajaran masih jarang guru yang menggunakan Platform pembelajaran digital sehingga pembelajaran masih cenderung menggunakan pembelajaran konvensional seperti ceramah dan mencatat materi pembelajaran sehingga pembelajaran tidak berkembang dan menjadi membosankan.

Seperti pada kebanyakan sekolah di kabupaten mimika SMK Negeri 3 Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Mimika juga menerapkan aturan Larangan membawa Smartphone Ke lingkungan sekolah (peserta didik dapat membawa smarphone asal guru meminta izin dan bertanggung jawab mengontrol penggunaan di lingkungan sekolah). sehingga jika mengizinkan satu kelas yang terdapat 35-46 PD guru akan kewalahan dan ketika akan menggunakannya gurupun akan repot dengan berbagai bawaan seperti laptop, proyektor, terminal ditambah lagi harus memasangnya dikelas yang cukup menyita waktu

Pesertadidik mencatat materi
Guru dengan berbagai bawaannya












SMK Negeri 3 Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Mimika juga memiliki printer yang terbatas sehingga ketika akan mencetak lembar kerja peserta didik harus bergantian dan menghabiskan cukup banyak waktu untuk menyiapkannya. belum lagi setelah lembar kerja peserta didik telah selesai dikerjakan akan dikumpulkan dan akan diperiksa satu per satu yang membutuhkan waktu dan tenaga , bahkan akan menumpuk jika telah dikumpulkan oleh tiap kelas.

Guru Mencetak LKPD

dari permasalan tersebutlah sehingga saya mencoba menerapkan Student Center Learning (SCL) dengan menggunakan media pembelajaran interaktif (MPI) Smart Apps Creator dan Canva

Aksi

  1. Membuat MPI menggunakan Smart Apps Creator dan Canva
  2. Menerapkan Pembelajaran di kelas
  3. games Latihan menggunakan Canva

Membuat MPI menggunakan Smart Apss Creator dan Canva
Merancang pembelajaran Informatika, membuat materi interaktif menggunakan Smart Apps Creator, Membuat games latihan soal menggunakan Canva.

Membuat media pembelajaran berupa file PDF lengkap dengan petunjuk penggunaan, judul pembelajaran, tujuan pembelajaran serta tautan MPI dan Games Latihan

Media PDF

Menerapkan Pembelajaran di kelas
Kegiatan pembuka pembelajaran, menjelaskan tujuan pembelajaran, membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok, membagikan media pembelajaran PDF pada setiap kelompok, menjelaskan cara menggunakan media pembelajaran dan mengamati dan mengawasi proses pembelajaran. peserta didik menggunakan smartphone(meminta beberapa peserta didik yang memiliki untuk membawa) dan laptop (tersedia disekolah), akses internet melalui hotspot yang memiliki paket data (guru/PD)

MPI(Smart Apps Creator) menggunakan laptop dan Smartphone

games Latihan menggunakan Canva
Setelah mempelajari materi peserta didik berlatih dengan games latihan soal terkait materi pembelajaran

Games latihan soal (Canva)

Refleksi
  • Tidak semua peserta didik memiliki perangkat dan paket data internet
  • masih ada beberapa peserta didik yang belum bisa menggunakan perangkat (peserta didik saling melengkapi karena berkelompok)
  • Peserta didik antusias, bersemangat dan mandiri mengeksplor media pembelajaran yang dibagikan
  • Guru tidak perlu membawa proyektor dan mencetak Lembar kerja peserta didik
  • Menyiapkan aplikasi menggunakan Smart apps Creator jauh hari sebelum pembelajaran karena membutuhkan waktu desain dan pembuatan
  • Untuk Asesmen atau post test guru dapat menambahkan soal menggunakan Quizizz untuk tes tanpa menggunakan lembar kertas dan memudahkan analisis soal.
"Teknologi hanyalah alat. Namun, untuk menjadikan anak-anak bisa saling bekerjasama dan termotivasi, guru adalah yang paling penting" - Bill Gates

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CV dan Portofolio

Pelaksanaan Kegiatan Berbagi dan Vlog

Translate